Entri Populer

Jumat, 10 Juni 2011

Metode Pembelajaran Biola Kepada Balita Atau Tingkat Dasar

 Metode Pembelajaran Biola Kepada Balita Atau Tingkat Dasar

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola dan cello, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang lainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G.

Metode belajar untuk anak balita sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Mengingat hari ini adalah Hari Anak Nasional maka saya sedikit ingin berbagi mengenai metode ini karena anak merupakan penerus masa depan bangsa. Seperti yang sudah saya bahas pada posting terdahulu mengenai pre school, pertumbuhan otak anak mengalami masa emas pada usia 0-5 tahun. Di masa inilah anak-anak mulai diperkenalkan dengan belajar. Pada pengenalan belajar ini orang tua sangat berperan penting sehingga belajar dapat menjadi lebih optimal dan mengurangi kesalahan yang terjadi karena kekurang pahaman orang tua dapat menghambat keterampilan anak-anak dalam belajar.

Untuk belajar musik bagi anak2 disarankan memulai dari Biola, piano atau guitar karena untuk pelajaran dasar musik, anak2 harus mempelajari musik klasik yang merupakan teknik dasar dari pelajaran musik lainnya seperti pop, jazz dan lain-lain. Selain itu musik klasik juga dapat membantu perkembangan otak, meningkatkan konsentrasi dan disiplin.

Belajar untuk anak usia balita adalah memperkenalkan bagaimana cara mereka untuk belajar bukan hanya pembelajaran apa yang mereka dapat. Ada beberapa metode pembelajaran yang sebaiknya diperhatikan oleh orang tua, yaitu:
1. Orang tua dapat memperkenalkan anak-anaknya untuk memulai pekerjaan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tentunya bukan pekerjaan seperti orang dewasa, biarkan anak-anak untuk bermain sesuai dengan yang mereka inginkan dan biarkan mereka melakukannya hingga selesai. Usahakan agar orang tua jangan menghentikan permainan mereka sebelum anak-anak menyelesaikannya.
2. Metode belajar yang kedua adalah melatih anak untuk mengerjakan tugasnya sendiri. Biarkan anak Anda dengan bebas memilih mainan apa yang mereka inginkan dan biarkanlah mereka bermain sendiri dan berkreatifitas dengan mainan tersebut tanpa Anda damping, Anda hanya perlu mengawasinya. 

Metode belajar ini akan sangat berpengaruh pada kehidupannya karena dengan mengerjakan tugasnya sendiri mereka akan menjadi seseorang tang tidak mudah bergantung pada orang lain.
3. Metode belajar yang ketiga adalah melatih anak untuk menyukai membaca dan menulis. Berilah anak Anda sarana untuk menulis atau menggambar dan bebaskanlah anak-anak untuk mencorat-coret sesuai keinginan mereka. Lalu Anda mulai bisa mengarahkan anak Anda untuk mencontoh tulisan yang ada pada buku yang mereka sukai. 

Arif Wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar